Tugas Manajemen Pengetahuan

Akhirnya bisa ngblog lagi walupun hanya tulis tugas tapi setidaknya disini berbagi pengalaman kuliah saya nih dari semester 1 sampai dengan 5... hehe

ya memang kuliah itu seperti para pejuang yang benar-benar harus berjuang, ya tapi ada juga yang terlewatkan dari perjuangan itu, ckckk.. anggap saja ini sebuah proses yang baik ke depannya :)

di mulai dari : (baru masuk kuliah masih binggung mau melakukan hal apa ?) 



(Kuliah di Semester 1)


1. Pendidikan Agama (3 SKS)
    Membahas pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang konsep keimanan dan keagamaan yang mantap; agama dan keagamaan dalam disiplin ilmu; agama, bangsa, dan negara dalam menunjang pembangunan nasional, sikap mental dan tercapainya tujuan hidup manusia.
     Dalam kuliah pendidikan Agama ini setelah UTS dibagikan kelompok yang dibagikan berdasarkan materi yang ada di buku modul, pada saat itu saya mendapatkan materi tentang Zakat, diantaranya:, pengertian, hukum, macam-macam zakat, syarat wajib zakat, orang yang berhak menerima zakat, harta yang wajib dinyakati, dll.

2. Alat Ukur (2 SKS)
    Mata kuliah ini berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan pengukuran dan ketidakpastian untuk berbagai jenis pengukuran, pengolahan hasil pengukuran, satuan pengukuran, serta mempelajari cara membaca osiloskop.
   Materinya meliputi :, Dasar instrumen, Alat ukur tegangan, arus dan tegangan, Prinsip Kerja dan penggunaan multimeter (metode pemasangan meter), Prinsip kerja dan penggunana osiloskop, Instrument Pengukuran Gel. Mikro.
    Setelah uts dibagikan kelompok untuk presentasi mengenai perangkat-perangkat dalam jaringan seperti router, switch dll, kelompok saya mendapatkan materi tentang switch, pada materi tentang switch terdapat ; Pengertian, kegunaan, tipe-tipe, kelebihan, jenis-jenis, dan perbedaan switch dengan hub.

3. Dasar - Dasar Teknologi & Komunikasi (3 SKS)
    Pengertiannnya,  Teknologi Informasi : segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan penegelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi : Segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data.

4. Komponen Elektronika & Komputer (2 SKS)
     Pada mata kuliah ini mempelajari komponen elektronika apa saja yang ada pada perangkat komputer, sehingga dengan mempelajari mata kuliah ini dapat memudahkan dalam mempalajari materi yang ada pada semester selanjutnya. 
    Materi pertama yang dipelajari adalah konsep dasar digital dengan materinya antara lain; representasi bentuk digital dan analog, bentuk sinyal digital, transmisi serial dan paralel, switch dalam rangkaian elektronika, tabel kebenaran, analisa pe-waktu-an.
     Kedua yang dipelajari adalah sistem digital dengan materinya antara lain; bilangan desimal, bilangan biner, desimal ke biner, aritmatika biner, komplemen 1 dan 2, sign bit, operasi aritmatik dengan sign bilangan, bilangan hexadesimal, bilangan oktal, binary code decimal, digital code & parity.
    Ketiga yang dipelajari adalah media transmisi dengan materinya antara lain; desgin faktor, spektrum elektromagnetik, media transmisi.
    Keempat yang dipelajari adalah flip-flop dengan materinya antara lain; rangkaian dasar SR-FF dan SR-FF dengan gate, operasi dari rangkaian D Latch dan D-FF menggunakan timing diagram, perbedaan antara pulse-triggered dan edge-triggered flip-flop, operasi rangkaian Master Slave JK-FF, Membuat Toggle FF dan D-FF dari JK-FF dan SR-FF, Menjelaskan operasi sinkron dan asinkron dari JK-FF dan D-FF menggunakan timing diagram, Menganalisa dan mendisain rangkaian dengan Flip-flop.

5. Matematika Diskrit (3 SKS)
    Memberi pengetahuan dan kemampuan menghitung tentang logika matematika, bahasa matematika (himpunan dan relasi antar himpunan), kombinatorika, relasi berulang (rekursif), pengantar Graf, pohon (tree), optimisasi (aplikasi pohon), model jaringan dan aljabar Boolean.

6. Pengantar Linux (2 SKS)
     Linux merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Linus Torvalds yang terinspirasi oleh Minix [MIni uNIX]. Minix merupakan sebuah sistem operasi kecil yang dikembangkan oleh Andrew S Tanenbaum. Pada awalnya Linux merupakan sebuah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds, remaja 21 Tahun yang kuliah di universitas Helsinki Finlandia. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991 yang kemudian diposting ke mailing list comp.os.minix, dengan maksud menawarkan sumber kode dari apa yang telah dia buat dan mengundang para programmer lain untuk berpartisipasi dalam proyek tersebut.
       Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar dan pengenalan linux, dari bagaimana sejarah awalnya linux dan apa itu linux, dan cara menginstal linux hingga script linux untuk menginstall aplikasi samapai memindahkan file.
      
7. Pengantar Logika & Teknik Pemrograman (2 SKS)
     Pada mata kuliah ini membahas pengertian algoritme dan pemrograman, kontruksi algoritma untuk algorithm seleksi, iterasi dan rekursi, evaluasi ekspresi dan assignment, I/O stream dan exception, pemodelan data primitif, array, string, dan struktur data; pengenalan prinsip dasar pemrograman berstruktur menggunakan bahasa pemrograman C untuk konsep tipe dan struktur data, pernyataan sederhana dan majemuk, pernyataan bersyarat sederhana dan majemuk, pernyataan iterasi;, fungsi, array, rekursif, string dan tipe struktur.

8. Pengantar Multimedia (3 SKS)
     Pada mata kuliah ini mempelajari konsep dasar multimedia, desain, warna, tipografi, animasi 2D, 3D, digital audio dan video serta berbagai macam efek audio dan video; Pemanfaatan perangkat lunak aplikasi terkini untuk mendesain objek, pembuatan animasi 2D dan 3D, serta pemanfaatan perangkat lunak aplikasi untuk melakukan video editing serta audio sehingga dihasilkan produk multimedia yang menarik.
      Materi antara lain; Sejarah multimedia: ide awal, teknologi awal, kelahiran, pertumbuhan, kematangan, pekembangan berlanjut; Definisi; Konsep : kategori media, aplikasi multimedia, sistem multimedia, struktur global;  jenis media.

9. Sistem Basis Data (3 SKS)
   Pada mata kuliah ini mempelajari mengenai pendekatan sistem menggunakan basisdata versus menggunakan file/berkas, pandangan umum mengenai sistem basisdata, lingkungan basisdata, perancangan basis data , pemodelan data dalam basisdata, model entity-relationship, model relasional, normalisasi, aljabar relasional, structured query languange (SQL), dan overview tekhnologi-teknologi basis data terkini.

10. Teknologi Internet (3 SKS)
        Pada mata kuliah ini mempelajari apa itu internet, sejarah internet, fasilitas yang ada di internet, Peranan Teknologi Informasi Dalam Bisnis Kontemporer Lokal Yang Berorientasi Pasar Global, Internet & Revolusi Informasi, teknologi jaringan komputer, TCP/IP.

11. B. Inggris Untuk Teknik Informatika (2 SKS)
       Pada mata kuliah ini mempelajari kosakata bahasa inggris apa saja yang dalam dunia teknik informatika, serta mempelajari active and passive voice.


(Kuliah di Semester 2)

1. Pendidikan Kewarganegaraan (3 SKS)
    Membahas pengertian Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar, Undang-Undang Dasar 1945, Hak Asasi Manusia, Pancasila sebagai sistem etika, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Otonomi Daerah dan Good Governance.

2. Hukum dan Etika dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (3 SKS)
     Pada mata kuliah ini membahas sejarah dan hukum etika dalam TIK, pengertian kode etik, fungsi kode etik, pentingnya etika dalam TIK, Definisi privasi, perlindungan privasi, identifikasi privasi, Representasi Privasi Legislasi, Electronic surveillance, Aspek privasi internasional, Kode dan kebijakan privasi, etika dan inetrnet, Sejarah WEB Browser, Lahirnya World Wide Web/WWW, Situs Jejaring Sosial, Kode Etik Pengguna Internet, Ancaman dan Dampak Internet, Etika menulis di internet, Penggunaan internet mobile di kalangan anak.

3. Jaringan Komputer dan Komunikasi (3 SKS)
     Pada mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar dalam komunikasi jaringan komputer, model layer OSI dan TCP/IP, fungsi dan protokol layer aplikasi, layer transport OSI, layer network OSI, pengalamatan IPv4, data link layer OSI, physical layer OSI, teknologi ethernet.
     Dengan materinya antara lain : teori komunikasi data, komponen dalam komunikasi data, error correction dan error detection, topologi dan perangkat transmisi data, klasifikasi jaringan komputer, IP dan subnetting, routing.
    Tujuan dari mata kuliah ini adalah membuat mahasiswa mengenal dengan baik teknologi yang melandasi komunikasi data dan bagaimana menggunakannya dalam mendesain, Mengimplementasikan, Mengoperasikan, Me-manage jaringan komunikasi komputer.

4. Komputasi Numerik (2 SKS)
     Komputasi Numerik: mencari penyelesaian suatu persoalan melalui pemodelan matematis.
     Pada mata kuliah ini membahas pengetahuan dan kemampuan menghitung tentang aljabar bilangan (sistem bilangan dan pertidaksamaan), fungsi dan persamaan, matriks dan sistem persamaan linear, serta pengantar kalkulus (limit, turunan dan integral sederhana).
     Dengan materinya antara lain : Sistem Bilangan, Kesalahan Numerik, Eleminasi Gauss, Matriks Inversi, Metode Grafik, Regresi Linear dan Berganda, Interpolasi Newton, Persamaan Simultan atau multi-variabel, Differensial dan Integral, Interpolasi dan Regresi, Nilai tak bersyarat dari Multi Variabel.

5. Komputer Grafis (2 SKS)
   Grafika komputer (Computer graphics) merupakan salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan dan manipulasi gambar dengan komputer atau secara digital.
    Komputer grafis mempelajari Algoritma DDA (Digital Differential Analyzer), Algoritma Bressenham. Pada materi transformasi 2D yang mempelajari jenis-jenis transformasi dipraktekkan dengan membuat program di borland C++, yang pada mata kuliah ini memakai borlan C++ sebagai tool nya. Selain transformasi 2d juga mempelajari transformasi 3D, Warna, Ligthning , shading & shadow, Proyeksi, Geometri Fractal, Antialiasing, Interpolasi, & Blending.

6. Pemrograman Komputer (3 SKS)
     Mempelajari pemrograman yang ada dalam komputer yang tingkatnya lebih advance dibandingkan materi kuliah pada mata kuliah pengantar logika dan teknik pemrograman karena ini adalah kuliah lanjutan dari mata kuliah tersebut. Bahasa pemrograman yang ada dipelajari adalah C++ dengan memakai tool dev C++. Materinya antara lain, array, class, permutasi, loop.

7. Rekayasa Perangkat Lunak (3 SKS)
    Membahas perancangan perangkat lunak, sumberdaya, ukuran, estimasi proyek, teknik dekomposisi; dasar analisa kebutuhan, pembentukan prototype, spesifikasi perangkat lunak; alur data, struktur data, DSSD, perangkat pembantu; prosedur perancangan, penghalusan sistem, perancangan data, arsitektur, dan prosedur; bahasa pemrograman, kualitas perangkat lunak dan uji coba system; perawatan perangkat lunak.
    Materi yang dipelajari antara lain sejarah RPL, scope RPL, Software Life Cycle, Attributes of Good Software, Software Characteristic, Software’s Dual Role.
8. Pemeliharaan dan Perbaikan (2 SKS)
      Mempelajari pemeliharaan dan perbaikan pada suatu alat atau barang khususnya komputer. Pemeliharan adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kondisi suatu barang agar tetap beropersi, perbaikan adalah kegiatan yang memperbaiki/mengganti sebagian dai barang yang rusak agar dapat beroperasi kembali. Materi yang dipelajari juga termasuk manajeman pemeliharaan, jadwal pemeliharaan, manajeman reabilitas, kegagalan sistem dan metode pelacakan.

9. Kepemimpinan dan pengembangan Karakter (2 SKS)
     Mempelajari bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dan pengembangan karakter pada masing-masing mahasiswa. Materi nya antara lain kepercayaan diri, potensi diri, manajemen konflik.

(Kuliah di Semester 3)


1. Interaksi Manusia dan Komputer (3 SKS)
     Mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. 
     Tujuan utama IMK adalah untuk: 1. Membuat sistem yang lebih: Berguna (usable) Aman Produktif Efektif Efisien Fungsional 2. Meningkatkan interaksi antara manusia dgn sistem komputer Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.

2. Keamanan Komputer dan Pemulihan Bencana (3 SKS)
     Mempelajari bagaimana mengamankan komputer baik dari maupun dari luar dalam mengamankan data ataupun mengamankan hardware dari perangkat komputer tersebut.
      Materinya antara lain Physical beometri and biometrics, cyber law, cyber law and crime, sistem operasi, virus and other wild life, keamanan sistem informasi, cryptography, computer forensic, etika, kejahatan dan privasi komputer, disaster recovery plan, algoritma kriptografi.
3. Pemrograman Basis Data (2 SKS)
   Pembahasan mengenai pendekatan sistem menggunakan basisdata versus menggunakan file/berkas, pandangan umum mengenai sistem basisdata, lingkungan basisdata, perancangan basis data , pemodelan data dalam basisdata, model entity-relationship, model relasional, normalisasi, aljabar relasional, structured query languange (SQL), dan overview teknologi-teknologi basis data terkini.
     Pada mata kuliah ini mahasiswa membuat web yang sudah memiliki database yang terintegrasi, software yang dipakai adalah postgres sql dan zend studio.

4. Pemrograman Beorientasi Objek (3 SKS)
  Prinsip dasar-dasar penyusunan pemrograman berorientasi obyek: konsep enkapsulasi, pewarisan, polimorfisme, serta pemodelan dengan UML dengan penguasaan bahasa pemrograman berorientasi obyek tertentu (C++ atau Java).

5. Pemrograman Web (2 SKS)
    Mempelajari konsep dasar hiperteks, HTML (tag), CSS, pembuatan halaman web (menggunakan editor teks dan Macromedia Dreamweaver), pembuatan script (JavaScript); menampilkan data dalam web dengan format XML. Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar dasar-dasar dalam membuat web dengan baik dan benar, software yang dipakai adalah notepad++.

6. Protokol Perutean (3 SKS)
    Membahas tentang konsep dasar routing dan komponen-komponen router, routing statik, routing dinamis, routing protocol distance vector, karakteristik routing protocol RIPv1, CIDR, routing protocol RIPv2, bagaimana router mencari informasi dalam routing table, routing protocol EIGRP, routing protocol link state, routing protocol OSPF.
    Pada mata kuliah ini terdapat praktek yang dilakukan di lab jaringan dengan router dan switch yang ada disana selain di lab jaringan praktek juga dapat dilakukan di kelas dengan software simulasi packet tracer.

7. Sistem Operasi (3 SKS)
     Membahas tentang dasar-dasar sistem operasi pada komputer, bagaimana sistem operasi pada komputer itu bekerja dan tahapan- tahapannya. Materi yang dipelajari adalah mengapa mempelajari OS, sejarah OS, struktur sistem komputer, struktur sistem operasi, manajemen proses, penjadwalan proses, sinkronisasi dan deadlock.

8. Sistem Informasi Manajemen (3 SKS)
     Mempelajari mengolah data menjadi informasi, menyajikan informasi dalam bentuk yang tepat didalam perusahaan, sehingga dapat membantu prose manajamen, menghapus/menghilangkan informasi yang out of date, tidak lengkap, salah dan menggantinya dengan informasi yang berguna.

(Kuliah di Semester 4)


1. Metodologi Penelitian (2 SKS)
   Mempelajari langkah-langkah dalam membuat penelitian yang baik dan benar. Metode penelitian berhubungan erat dengan prosedur,  teknik,  alat, serta desain penelitian yang digunakan. Desain penelitian harus cocok dengan pendekatan  penelitian yang dipilih. Prosedur, teknik, serta alat yang digunakan dalam penelitian harus cocok pula dengan metode penelitian yang ditetapkan.

2. Metodologi Statistika dalam Teknik Informasi & Komunikasi (3 SKS)
    Mempelajari prosedur-prosedur atau cara-cara penyajian dan penafsiran data. Penyajian data yang meliputi : pengumpulan, pengorganisasian, peringkasan dan penyajian data (data collection, organization, summarization, presentation). Penafsiran data yang meliputi : pendugaan, pengujian dugaan dan penarikan kesimpulan (generalisasi).

3. Pemrograman Visual (2 SKS)
     Mempelajari metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara membuat gambar, menunjuk, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur. Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum. Dalam pengeksekusian kode programnya, pemrograman visual merupakan konsep event-driven, yaitu pengeksekusian yang didasarkan atas kejadian(event) tertentu. Setiap kejadian tersebut mempunyai kode program sendiri yang disimpan dalam sebuah fungsi. Berbeda dengan pemrograman terstruktur atau procedural yang mengeksekusi kode-kode programnya mulai dari awal sampai akhir program secara beruntun. Pada mata kuliah ini menggunakan software Microsoft Visual Basic 2010 Express.

4. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi (3 SKS)
   Mempelajari suatu pendekatan yang sistematis untuk mengidentifikasi masalah, peluang dan tujuan mengidentifikasi arus data dan arus informasi, merancang sistem informasi. Pada mata kuliah ini mempunyai tujuan yaitu memahami prakti pengembangan perangkat lunak, memahami konsep dasar proyek sistem informasi, memahami penyebab kegagalan proyek.

5. Arsitektur Komputer (2 SKS)
   Mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. dan juga mempelajari konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.

6. Pemrograman Bergerak (2 SKS)
     Mempelajari dan membuat aplikasi berbasis android dengan memakai software eclipse. Materi yang dipelajari antara lain sejarah android, arsitektur android, cara menginstal eclipse di windows, pengenalan tools yang ada pada eclipse, pembuatan awal project android, struktur project android, pengenalan layout, android manifest, pembuatan resource, pembuatan activity, penanganan event pada activity, pengaktifan activity secara eksplisit, pengelolaan database, mendayagunakan activity eksternal, pembuatan service, lokalisasi aplikasi.

7. Sistem Pengendali Mikro (2 SKS)

     Mempelajari perangkat-perangkat elektronika seperti kapasitor, resistor, dioda, led, transistor, sensor, amplifier.

8. Teknologi LAN (3 SKS)
     Mempelajari Membahas tentang prinsip-prinsip dasar perancangan LAN, konsep dasar switching, virtual LAN (VLAN), VLAN Trunking Protocol (VTP), Spanning Tree Protocol (STP), InterVLAN Routing. Software yang digunakan untuk simulasi adalah packet tracer


9. Bahasa Inggris Bisnis (2 SKS)
   Mempelajari serangkaian skill untuk membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang bisnis dalam teknologi informasi komunikasi.

(Kuliah di Semester 5)


1. Dasar Jaringan Enterprise
    Mempelajari jaringan yang terbentuk dari beberapa perusahaan, atau beberapa bagian dari beberapa perusahaan, atau sebagian internal dari beberapa perusahaan.
Salah satu ciri dari network enterprise adalah access network yang terbuka lebar, yang memungkinkan siapa saja, baik itu produsen, pelanggan, maupun hacker & cracker, untuk mengetahui transaksi on-line yang terjadi.
    Suatu sistem yang dikatakan baik, termasuk jaringan enterprise, minimal harus mampu menjawab kriteria dasar keamanan berikut ini: 1. Kerahasiaan, 2. Kendali akses, 3. Autentifikasi, 4. Integritas, 5. Non-repudiation.

2. Manajemen Pengetahuan
  Mempelajari suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.
     Materi yang dipelajari antara lain mengenai jenis penerapan knowledge manajemen : Tacit dan Eksplisit knowledge

3. Pemrograman Web Lanjut
    Mempelajari konsep dasar hiperteks, HTML (tag), CSS, pembuatan halaman web (menggunakan editor teks); menampilkan data dalam web dengan format PHP dan sudah mempunyai database pada web tersebut. Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar dasar-dasar dalam membuat web dengan baik dan benar, software yang dipakai adalah notepad++


4. B. Inggris dalam tata tulis karya ilmiah
    Mempelajari serangkaian skill untuk menulis teks dalam bahasa Inggris dalam bentuk kalimat, paragraf maupun essay, dan meningkatkan penguasaan kosa kata pada level intermediate dengan topik bacaan yang bisnis dalam teknologi informasi komunikasi.

5. Pemrograman jaringan     
    Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai bagaimana sebuah protocol jaringan dibuat, topologi jaringan dikembangkan dan dapat menggunakan salah satu Bahasa pemrograman yang digunakan dalam jaringan.    

   Materinya antara lain : memahami internet dan pemrograman jaringan, I/O dalam .NET Framework, Bekerja dengan Socket, HTTP : Berkomunikasi dengan Web Server, SMTP dan POP3 : Berkomunikasi dengan email server, FTP : Berkomunikasi dengan File Server, Mengamankan Jaringan : Firewalls, Proxy Server, Melindungi Data : Enkripsi, Mengendalikan akses pengguna : Autentikasi dan Autorisasi, Pemrograman untuk skalabilitas, Mengoptimalkan pemanfaatan bandwidth, Ping, DNS, WHOIS: Monitoring jaringan  

6. Komunikasi Bergerak
     Pada mata kuliah ini tentang perkembangan jaringan komunikasi contohnya dari 2G hingga 4G, serta mempelajari teknologi transmisi digital dari evolusi hingga cara kerjanya, juga mempelajari protokol signalling yang meliputi service switching point (SSP), signal control point (SCP), signal transfer point (STP), message transfer part (MTP), yang terakhir adalah mempelajari satelit.

7. Kecerdasan Komputasi
     Merupakan bidang pengetahuan komputer yang ditujukan untuk membuat perangkat lunak yang dapat menirukan kecerdasan manusia. Mata kuliah ini menjelaskan metode untuk membuat perangkat lunak menjadi lebih pintar, lebih menalar dan lebih berguna untuk membantu manusia menyelesaikan permasalahan menggunakan teknik kecerdasan buatan. Adapun teknik kecerdasan meliputi pencarian/teknik-teknik pelacakan, representasi pengetahuan dan logika, sistem pakar serta komputasi lunak (soft computing) yaitu logika fuzzy, algoritma genetika, dan jaringan syaraf tiruan. 

8. Teknologi Nirkabel
     Pada mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar wireless network dari pengertian dasar, infrastruktur wirelss network, standar teknologinya seperti PAN, LAN, MAN, WAN, dijelaskan dari konsep dasar, komponen, sampai standar operasi dan cara kerjanya. Selain itu ada juga materi pengantar arsitektur jaringan nirkabel dan pengenalan multihop wireless routing.