Tugas 3 Database Sistem - DDL dan Perancangan Basis Data

1. Praktekan seluruh command pada DDL !

mysql

show databases



create and show tables

alter table

drop and show databases


2. Apa tujuan perancangan basis data ?
  • Memenuhi informasi yang berisikan kebutuhan-kebutuhan pengguna secara khusus dan aplikasi-aplikasinya.
  • Memudahkan pengertian struktur informasi.
  • Mendukung kebutuhan-kebutuhan pemrosesan dan beberapa obyek penampilan (response time, processing time, dan storage space). 

3. Apa yang dimaksud dengan macro lifecycle dan micro lifecycle, sebutkan perbedaannya ? 
 
  • Macro lifecycle: Siklus kehidupan sistem informasi.
  • Micro lifecycle: Siklus kehidupan basis data.
      Siklus hidup aplikasi basis data (micro) berhubungan dengan siklus hidup sistem informasi (macro), di mana micro lifecyle merupakan bagian dari macro lifecyle. Dalam kata lain di dalam macro lifecycle mencakup micro lifecycle.
4. Langkah apa saja yang dilakukan pada tahap pengumpulan dan analisa data ? 
  • Menentukan kelompok pemakai dan bidang-bidang aplikasinya 
Menentukan aplikasi utama dan kelompok pengguna yang akan menggunakan basis data. Individu utama pada tiap-tiap kelompok pemakai dan bidang aplikasi yang telah dipilih merupakan peserta utama pada langkah-langkah berikutnya dari pengumpulan dan spesifikasi data.
  • Peninjauan dokumentasi yang ada
Dokumen yang ada yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi dipelajari dan dianalisa. Dokumen-dokumen lainnya (seperti : kebijakan-kebijakan, form, report, dan bagan organisasi) diuji dan ditinjau kembali untuk menguji apakah dokumen-dokumen tsb berpengaruh terhadap kumpulan data dan proses spesifikasi.
  • Analisa lingkungan operasi dan pemrosesan data
Informasi yang sekarang dan yang akan datang diperinci dan dipelajari. Termasuk juga analisa jenis-jenis transaksi dan frekuensi-frekuensi transaksinya dan juga arus informasi dalam sistem. Informasi tersebut berupa input-output data.
  • Daftar pertanyaan dan wawancara
Jawaban pertanyaan – pertanyaan yang telah dikumpulkan dari para pemakai basis data yang berpotensi. Ketua kelompok (individu utama) dapat diwawancarai sehingga input yang banyak dapat diterima dari mereka dengan memperhatikan informasi yang berharga dan mengadakan  prioritas.
5. Apa yang dimaksud dengan Transaction throughput ?
         Rata-rata jumlah transaksi yang dapat diproses per menit oleh sistem database,  dan merupakan parameter kritis dari sistem transaksi (misal : digunakan pada pemesanan tempat di pesawat, bank, dll). Hasil dari fase ini adalah penentuan awal dari struktur penyimpanan dan jalur akses untuk file-file database.