Tugas Pak Bachris - Database System

1. Terangkan dengan singkat dan jelaskan tentang DBMS dan program aplikasi untuk melakukan query !

DBMS (Database Management System)
adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna atau user. DBMS merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk dapat melakukan utilisasi dan mengelola sejumlah data dalam jumah yang besar dan juga dirancang untuk dapat melakukan manipulasi data secara lebih mudah.

Aplikasi dari DBMS :
a. MySQL
MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. 


MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata
yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.



b. Microsoft Access
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. 

Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC (Open Database Connectivity.






c. Microsoft SQL Server
Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.

Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering.





2. Terangkan dengan singkat dan jelas tentang database yang disimpan dengan metadata !


Metadata
adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data atau informasi . Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.

Tiga jenis utama metadata:
  • Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci.
  • Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab. 
  • Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.


3. Apa yang dimaksud dengan general purpose pada DBMS ?

General Purpose pada DBMS
adalah proses-proses yang memudahkan penentuan, pembangunan, dan pelaksanaan manipulasi data pada banyak basis data untuk berbagai macam aplikasi.



4. Terangkan dan berikan contoh tentang OLTP !

OLTP
(Online Transaction Processing)

adalah sistem transaksi yang mengacu pada kelas sistem yang memfasilitasi dan mengelola aplikasi berorientasi transaksi, biasanya digunakan untuk Entri Data dan Pengambilan Proses Transaksi. Transaksi dalam konteks komputer atau Transaksi Database, contohnya Transaksi Komersil yang merupakan definisi dalam hal Bisnis. Contoh Transaksi komersial  yaitu pada mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) "Automatic Teller Machine", merupakan OLTP yang merujuk kepada proses di mana sistem segera merespon permintaan pengguna (User). ATM ini bagi Bank merupakan salah satu contoh aplikasi pemrosesan Transaksi Komersial.


5. Apa yang anda ketahui tentang GUI dan apa yang dimaksud dengan stand alone ?

GUI
adalah antar muka pengguna pada sistem operasi yang di dalamnya terdapat tampilan yang user friendly maksud nya agar para pengguna nyaman dan mudah dalam pengoperasian sistem operasi operasi, karena sudah terdapat gambar dan tombol yang memudahkan pengguna dalam setiap pengoperasian GUI.


Stand alone adalah aplikasi yang berdiri sendiri tidak terhubung dengan jaringan komputer, dan aplikasi stand alone itu aplikasi yang hanya mampu berjalan dalam satu komputer, satu pengguna, dan satu waktu.


6. Jelaskan dengan singkat mengenai back up dan recovery pada DBMS !

back up
adalah adalah salinan dari data. Data di sini tidak hanya meliputi data pada level pemakai akhir/ enduser tetapi juga bisa mencakup bagian-bagian penting dari basis data secara keseluruhan, seperti file-file kontrol (meta data) ataupun file-file log. 


recovery adalah operasi untuk mengembalikan kondisi database sebelum terjadi kesalahan atau kerusakan.